image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

16 Cara Mengembangkan UMKM


UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) kini menjadi usaha yang mulai banyak peminatnya di kalangan masyarakat, apalagi Indonesia. Pelaku usaha hampir mencakup seluruh masyarakat baik kepala rumah tangga, ibu rumah tangga dan pelajar sekalipun. Namun, meskipun usaha ini bukan termasuk usaha yang besar, jenis usaha ini mampu memberikan pendapatan yang luar biasa apabila kita mengetahui cara untuk mengembangkan UMKM.

Menurut data dari KOMINFO terdapat 59,2  juta pelaku yang mengembangkan usaha ini. Peranan jenis usaha inipun terbilang cukup besar perananya bagi negara. Bukan hanya berdampak pada keuntungan pribadi, usaha ini juga berperan sebagai penggerak roda perekonomian Negara, bahkan bisa menambah pemasukan devisa Negara dan megurangi pengangguran.

Kenali Cara Mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah) Sebagai Berikut

Untuk membuat sebuah usaha, tentu perlu langkah –langkah dan strategi yang tepat supaya tidak mengalami kerugian bahkan penutupan usaha. Banyak usaha yang gagal kerena tidak memperhatikan langkah – langkah tertentu. Berikut, kami sajikan, beragam cara mengembangkan UMKM. Pastikan bahwa Anda menerapkan strategi –strategi berikut untuk hasil yang maksimal:


1. Tentukan lokasi yang tepat

Lokasi adalah unsur terpenting dalam sebuah usaha, dengan lokasi yang tepat maka pendapatan akan secara konsisten meningkat. Pilihlan sebuah lokasi yang yang berdekatan dengan target pasar Anda. Dengan strategi ini, maka lokasi Anda menjadi strategis dan mudah dijangkau target pasar Anda.

2.  Menentukan Harga

Dengan harga yang sesuai dengan target pasar, segala pemasukan dan pengeluaran akan menjadi lebih mudah diprediksi. Kebanyakan masyarakat biasanya kan selalu tergiur dengan harga yang murah. Namun, sebagian yang lain juga mempertimbangkan kualitas dan layanan. Maka dari itu tentukanlah harga yang sebanding dengan keduanya.

3. Mempertimbangkan  Kondisi Ekonomi Masyarakat Sekitar

Semakin murah harga, maka akan semakin tinggi permintaanya. Jika target pasar Anda adalah kalangan dengan tingat ekonomi Menengah kebawah, tentu Anda tidak bisa memasang harga yang terlalu tinggi. Untuk mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi Anda bisa mengurangi harga produk sesuai permintaan pasar namun tetap sesuai dengan tingkat pengeluaran.

4. Kualitas Sumber Daya Manusia

Kualitas Sumber Daya Manusia adalah faktor terpenting dalam sebuah kesuksesan usaha Anda. Apabila Anda memiliki Sumber Daya yang berkualitas, maka produk dan pelayanan yang akan dihasilkan dari usaha Anda akan menjadi lebih maksimal. Maka dari itu, diperlukan penyeleksian Sumber Daya Manunia yang cocok supaya memperlanjar sebuah usaha untuk kedepannya.

5. Kepadatan Penduduk

Bagi Anda yang ingin mendapatkan konsumen dari produk yang Anda tawarkan sebagai pelaku usaha, maka disarankan untuk memilih tempat dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Hal ini bisa menmbuat produk yang Anda tawarkan memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi masyarakat sekitar.

6. Mempertimbangkan Lalu lalang Kendaraan

Dengan tingkat lalu lalang kendaraan sekitar yang tinggi , maka akan menambah peluang kepada jenis usaha yang Anda tawarkan dikunjungi banyak orang dan berkembang. Biasanya, oran – orang juga akan cenderung keluar rumah untuk mencari sebuah produk atau makanan ditempat yang ramai karena mereka menganggap hal tersebut lebih meyakinkan.

7. Tingkat Keberagaman Usaha di Sekitar Lokasi

Dengan tingkat keberagaman usaha yang tinggi di sekitar lokasi, maka orang – orang yang datang ke tempat tersebut juga semakin ramai. Mereka datang untuk mencari berbagai macam produk yang pastinya berbeda – beda. Dengan begitu, konsumen bisa mempunyai beragam pilihan. Produk Andapun bisa jadi menjadi pilihan untuknya.

8. Memperhatikan Akses untuk Menuju Lokasi

Semakin mudah akses dengan lokasu yang Anda pilih, maka semakin ramai pula konsumen. Memilih usaha yang banyak dilalui kendaraan dan transportasi umum adalah pilihan yan tepat. Dengan begitu konsumen yan memiliki kendaraaan pribadi maupun tidak memiliki kendaraan pribadi bisa menjnagkau lokasi Anda.

9. Menyesuaikan Modal

Lokasi ramai akan pengunjung akan membuat produk yang Anda tawarkan menjadi lebih banyak peluang untuk mendapatkan konsumen. Namun, jangan sampai Anda terjebak dengan konsep “yang penting ramai”. Lokasi yang ramai, seperti mall atau dipinggir jalan raya mempunyai biasa sewa tempat yang tinggi. Pandailah memilih dengan harga untuk harga yang murah namun tetap ramai pengunjung.

10. Memperhatikan Tingkat Keamanan

Keamanan disekitar lokasi sering menjadi pertimbangan konsumen untuk mengnjungi suatu tempat. Buatlah lokasi disekitar menjadi aman, sehigga pelanggan Anda tidak akan merasa khawatir dengan risiko tindak kejahatan disekitar. Sebagai contoh, pencurian barang, pengrusakan sepeda motor dan lain sebagainnya.

11. Membangun Relasi Antar Pegusaha

Membangun sebuah bisnis atau usaha tidak akan pernah terpisahkan dengan relasi antar pengusaha. Semakin banyak relasi, maka akan semakin  mudah pula Anda mendapatkan vendor – vendor terpercaya untuk pengembangan usaha Anda selanjutnya. Selain itu juga akan memperluas kangkauan pasar Anda.

12. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kita harus senantiasa mengikuti perkembangan teknologi, dengan begitu usaha yang kita jalankan tidak akan adda matinya karena senantiasa mengikuti dan beradaptasi dengan teknologi yang ada. Jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada mejadi sangat mungkin jika pada akhirnya kita akan menjadi kalah besaing dengan permintaan pasar.

13. Melakuhkan Promosi

Hal wajib bagi Anda yang ingin mengembangkan  sebuah usaha. Anda bisa melakuhkan promosi secara online maupun offine. Ada banyak cara yang bisa Anda lakuhkan untuk melakuhkan promosi. Jika budget yang Anda miliki terbatas untuk melakuhkan promosi secara offline, Anda bisa memanfaatkan media online  yangmana bisa menghasilkan untuk menekan biaya.

14. Memanfaatkan Media Social

Media Sosial seperti Instagram, facebook, twitter adalah sebuah media sosial yang jumlah penggunanya cukup tinggi di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk mengiklaankan produk Anda supaya lebih dikenal. Ada banyak cara yang  bisa dilakiuhkan, mulai dari mengiklankannya secara personal ke teman – teman hingga membayar jasa pengiklanan.

15. Melakuhkan Sedekah

Langkah yang terakhir mungkin terdenger sedikit aneh. Namun, hal tersebut patut Anda coba. Kita tidak hidup sendirian di dunia. Banyak masyarakat dengan tingkat kondisi ekonomi yang rendah yang mungkin memerlukan uluran tangan kita, bahkan semua agama mengajarkan kita untuk bersdekah. Sedekah merupakan pendekatan alami yang bisa kita lakuhkan untuk memperlancar rejeki kita kedepannya.

16. Berdoa, bersyukur dan Berserah diri

Berbagai langkah diatas juga sebaiknya Anda terapkan dengan disertai doa , bersyukur dan berserah diri. Telah dikaji secara psikologi, bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk yang akan tidak pernah puas dan selalu ingin mencapai tingkatan lebih tinggi untuk tingkatan kehidupan selanjutnya.

Demikianlah, cara mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bisa Anda terapkan. Beragam langkah diatas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin memulai bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah ataupun yang sudah terjun di bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah.


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar