image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

Apa itu Schema Markup SEO? Apa manfaatnya website Anda

Apakah anda pernah mendengar tentang Schema Markup? Schema Markup bisanya juga mempelajari tentang SEO. Maka dari itu, kedua kata tersebut juga sering digunakan secara bersamaan menjadi Schema Markup SEO. Dengan begitu, anda bisa dengan mudah meningkatkan rasio klik   anda atau sering disebut CTR (Click Thtough Rate).

Di artikel kali ini, kita akan membicarakan lebih jauh lagi mengenai apa itu Schema Markup dan manfaatnya terhadap website kalian.

Apa itu Schema Markup SEO?

Schema Markup adalah barisan microdata yang memang sengaja dibuat untuk merangkum dan membantu sebuah mesin pencari dalam memahami suatu isi dari sebuah halaman. Dengan begitu, sebuah website akan tampil lebih menarik di halaman google atau halaman hasil mesin pencari lainnya pencarian, atas sebab itulah, mengapa schema markup juga sering digunakan untuk CTR (Click Through Rate) booster.

Sedangkan SEO adalah sebuah proses pengoptimalan sebuah mesin pencari yang bisa membantu Anda meningkatkan traffic yang mencakup sesuatu yang spesifik, misalnya pembeli yang serius ingin mencari produk seperti yang anda sediakan. Jika Anda ingin meningkatkan pelanggan dan juga pendapatan, sebuah situs web memang menjadi alat cocok untuk hal yang satu ini.

Dengan schema markup maka akan didapat sebuah pengoptimalan SEO pada website, yang pada akhirnya akan menyebabkan peningkatan traffic pencarian.

Bergantung pada platform apapun itu situs anda dibangun, ada beberapa cara untuk menerapkan skema ini. Untuk WordPress, misalnya, ada beberapa plugin yang dapat Anda instal, untuk CMS lainnya, tergantung pada jenis bahasanya, apakah itu secara manual di bagian atas halaman, atau sejajar dengan HTML.

Hal ini sangat penting tentunya untuk sebuah mesin pencari. Sebenarnya, schema.org yang mana merupakan sebuah situs untuk Schema Markup, merupakan hasil dari sebuah kolaborasi antara Google, Bing, dan Yahoo. Sesuatu akan menjadi lebih krusial tentunya, jika bisa mengkombinasikan hal tersebut secara bersamaan.

Manfaat dari Schema Markup SEO

1. Mesin Pencari akan Lebih Memahami Website Anda

Sesuai fungsinya, ini adalah sebuah microdata yang dibuat untuk merangkum dan membantu sebuah mesin pencari dalam memahami suatu isi dari sebuah halaman. Mesin pencari itu, nantinya akan mendapatkan beberapa informasi terkait dari konten dari halaman sebuah website. Sebagai contoh, harga sebuah produk, jam buka dan tutup sebuah toko

2.  Bisa Menjadi SEO Booster

Berkaitan dengan lebih mudahnya mesin pencari memahami website anda, menggunakan Schema Markup, bisa meningkatkan kualitas SEO suatu website. Tentu saja, hal ini akan memberikanmu posisi terbaik di halaman pertama pencarian.

3. Meningkatkan Peringkat Halaman Website

Dengan menggunakan schema markup, hasil dari setiap pencarian akan menjadi lebih berbeda dari yang biasanya sebuah judul, URL, dan deskripsi, telah diperkaya oleh schema markup. Google dan mesin pencari lainnya selalu menemukan cara baru untuk menampilkan konten bertanda Skema. Peringkat bintang yang anda lihat dari hasil bebepa pencarian misalnya, itu juga merupakan hasil dari schema markup.

Untuk sebuah kasus yang mempertanyakan apakah skema ini memang secara nyata meningkatkan peringkat Google masih diperdebatkan. Beberapa pakar SEO sangat mempercayai hal itu dan beberapa lainnya mengatakan bahwa ini adalah sebuah jalan atu proses secara menyeluruh dan bukan merupakan SEO hack shortcut. Google sendiri telah mengatakan, bahwa secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi peringkat SEO.

Namun, terlepas dari itu semua, skema ini tetap memiliki manfaat untuk sebuah website dan setidaknya bisa meningkatkan ranking secara tidak langsung

 4. Meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Seperti yang telah kita bahas dari awal, bahwasanya skema ini sering digunakan untuk CTR (Click Through Rate) booster. Yang mana, bahwasanya CTR itu akan memberikan pengaruh terhadap sebuah peringkat website di halaman pencari. Skema akan menampilkan berbagai elemen Search Engine Result Page(SERP) dengan Rich snippets (cuplikan kaya).

Dengan begitu, anda menjadi lebih menonjol dengan pesaing – pesaing anda di mesin pencari. Kesempatan untuk mendapatkan klik dari setiap pengunjung pun lebih luas. Jika dilihat dari halaman pertama, website anda juga terlihat lebih profesional daripada kebanyakan. Google seperti berkata ke pengunjung bahwa website andalah yang mengerti kebutuhannya


5. Penampilan Rich Snippets (Cuplikan Kaya) yang Lebih Menarik


4 things you didn't know about rich snippets

Ini adalah sebuah eleman dari Search Engine Result Page (SERP) yang telah kita bahas sebelumya. Seperti namanya “Cuplikan Kaya”. Cuplikan kaya di sini adalah  deskripsi lain yang diberikan di website yang anda miliki supaya lebih jelas dan menarik untuk di klik. Nah, apa saja yang biasanya tampilkan oleh Rich Snippets ini? Antara lain adalah sebagai berikut

1.       Detail Produk

2.       Data seseorang

3.       Tinjauan dengan foto

4.       Resep .

5.       Musik

6.       Video

7.       Musik

Kesimpulan

Mengoptimasi website dengan Schema Markup SEO bisa jadi adalah sebuah keharusan walaupun masih ada pemilik website yang belum menggunakannya. Selain bisa membuat cantik halaman website anda di muka mesin pencari , hal ini juga membantu mesin pencari dalam memahami konten di website kita. Dan cara memasangnya juga mudah kok. Anda tidak harus memiliki skill seperi seorang developer yang advance. Cukup pahami saja dokumentasi – dokumentasi yang telah disediakan mesin pencari.

Apalagi skema ini bisa meningkatkan CTR (Click Through Rate) yang notabenya menjadi sebuah jalan untuk pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization). Dengan begitu, halaman website anda akan mengalami kenaikan peringkat lebih cepat. Hal ini lain tak bukan juga karena adanya penampilan rich snippets (Cuplikan Kaya) yang lebih menarik.

Jadi, jika anda belum mengoptimalkan website anda dengan Schema Markup, ada baiknya anda untuk segera memulai pengoptimalan skema tersebut. Namun, perlu diperhatikan, bahwa dalam melakukan optimasi dengan schema markup, harus relevan dengan konten yang kita sediakan.

 


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar