image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

Tips Hashtag Instagram, Buat Bisnis Anda Menjadi Lebih Ramai Pelanggan

Instagram Simbol Logo - Gambar gratis di Pixabay


Pemasaran pada era digital, kini telah membuka peluang pasar menjadi terbuka dengan lebih luas luas. Target pasarnya bisa menjangkau hampir dari semua kalangan. Media sosial adalah alat wajib yang harus dipunyai pelaku digital marketing. Contohnya Instagram. Nah, untuk bisa menjangkau target pasar yang luas di Instagram kita perlu menerapkan tips hashtag instagram yang benar.

Hashtag yang sering dilambangkan dengan tanda # (tagar) ini adalah penggunaan tanda tagar (#) dalam sebuah caption di Instagram diikuti kata tertentu tanpa spasi. Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan hashtag, dan pasti kalian sering juga melihatnya ketika berselancar di Instagram. Bisanya, hashtag diletakkan di akhir caption. Dengan kata – kata yang relevan dengan isi konten dan berwarna biru.

Sejak tahun 2017, di dapatkan dari beberapa sumber, telah tercatat bahwasanya terdapat lebih dari 45 juta orang menggunakan Instagram secara aktif. Dan sekarang ini, Instagram seperti menjadi sebuah hal wajib yang harus dimiliki setiap orang. Bukan hanya untuk eksis , tapi juga untuk bisnis. Bahkan, malah sudah banyak lembaga pendidikan menggunakan media Instagram untuk pengumpulan tugas.

Hingga sekarang, pihak developer Instagram masih terus megembangkan Aplikasi ini supaya performa yang ditawarkan menjadi lebih maksimal dari waktu ke waktu. Terdapat juga sebuah pengembangan yang sangat membantu para pelaku digital marketer. Jika dulunya hanya sebuah akun saja yang bisa di-follow, kini hashtag juga bisa di-follow.

Sebagain besar pengguna akan hanya mengikuti akun – akun yang membuat mereka tertarik dan mungkin orang – orang terdekat mereka. Seorang pengguna Instagram juga membutuhkan sebuah pembaruan feeds yang mana sesuai dengan topik yang mereka sukai. Dengan fitur follow hastag pengguna tidak perlu mengikuti banyak akun untuk mendapatkan penyegaran time line yang relevan. Namun, cukup follow hastagnya saja. 

Bagaimana cara memilih penggunaan hastag yang tepat di instagram yang relevan untuk bisnis dan mampu menaikan traffic dan impression?

Sebuah hashtag dalam Instagram, tentu penggunaanya tidak boleh sembarangan. Apalagi dalam berbinis. Menggunakan hashtag yang asal yang sedang booming, namun tidak relevan dengan bisnis anda bisa saja meningkatkan traffic. Namun bagaimana dengan impresinya? Berikut ini, kita akan bahas tips hashtag Instagram yang tepat untuk bisnis anda.

1. Perhatikan Relevansi Terhadap Popularitas

Relevansi adalah sebuah kunci untuk memperluas jaringan dengan pengikut anda dengan banyaknya pengguna Instagram saat ini. Faktanya, tidak semua tagar yang sedang trend bisa anda gunakan. Misalnya saja tagar #ott,#tbt, dan lainya.

Hashtag tersebut mungkin memiliki pencarian yang banyak oleh pengguna. Namun, bagaimana jika bisnis yang anda tawarkan di bidang website, desain grafis, atau musik? Tidak relevan bukan? Dengan menggunakan hashtag seperti itu, akan susah sekali membangun branding.

2. Memilih Tagar yang Unik Namun Tetap Relevan

Kenapa anda harus memilih yang unik? Karena dengan tagar yang unik, anda akan lebih dikenal brandingnya. Begitu ada sesorang klik tagar unik anda, maka semua yang mucul di muka Instagram adalah produk anda semua. Tagar yang relevan biasanya akan umum digunakan oleh banyak orang.

Maka dari itu, gunakan juga tagar yang relevan baik yang umum maupun tagar buatan anda sendiri, gunakan juga tagar yang unik. Namun, ingat harus tetap sesuai konten atau produk yang kamu tawarkan. Instagram telah memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat 30 tagar dalam satu caption.

3. Jangan Menggunakan Lebih Dari 11 Tagar

Meskipun Instagram memberikan kemudahan untuk penggunanya sebanyak 30 tagar per posting, anda tidak haris menggunakan semuanya dari kapasitas maksimum penggunaan tagar tersebut. Sebuah penelitian terbaru bahkan mengungkapkan bahwa anda tidak diperbolehkan menggunakan lebih dari 11 tagar per posting.

Sebaiknya, biarkan caption anda menjadi lebih bersih dengan hanya memasukkan 5 hingga 6 artikel saja. Dan jika penulis pikir – pikir, penggunaan hashtag yang sangat banyak, malah akan meredupkan ketertarikan pengunjung. Cukup sedikit saja, lalu bisa disusul hashtag lainya di komentar.

4. Berikan Tagar Pada Postingan Video

Jangan hanya memberikan tagar pada foto, gunakan juga tagar pada postingan video anda. Kenapa? Karena postingan video biasanya akan membuat pengunjung menjadi lebih tertarik melihatnya. Apabila dalam sebuah tagar belum banyak terdapat postingan vide, maka postingan anda akan lebih menonjol.

Maka dari itu, untuk mensukseskan hal ini, berarti anda harus membuat konten vide yang berkaitan dengan produk anda. Anda bisa membuat konten video berupa video pembuatan produk, video tutorial, video detail produk, keunggulan produk, serta terstimoni dari pelanggan. Dengan begitu, profil anda akan terlebih meyakinkan dan pengunjung tahu, jika anda seorang yang serius dalam berbisnis. 

5. Ikuti Proyek Hashtag yang Instagram Sediakan

Instagram telah menyediakan ruang khusus untuk para pelaku digital marketing. Selain menyediakan akun bisnis, ternyata Instagram juga memiliki proyek tagar tersendiri. Mulai sekarang, ikutilah akun resmi instagram yaitu @instagram untuk bisa terus mengikuti Weekend Hashtag Project.

Jika ternyata postingan anda terpilih oleh Instagram. Maka anda mempunyai kesempatan untuk bisa menambahkan pengikut di akun anda secara alami. Syaratnya cukup dengan menyediakan produk foto yang sesuai dengan tema mingguan yang mereka tetapkan

Itulah beberapa tips hashtag Instagram yang bisa kami informasikan kepada anda. Pastikan bahwa anda melakukannya dengan sungguh beragam tips di atas, supaya hasil yang dicapai juga bisa lebih maksimal.

Walaupun pesaing bisnis online di luar sana begitu banyak, bukan berarti anda tidak mempunyai kesempatan untuk sukses. Dengan menggunakan Tips hashtag Instagram yang kami berikan, maka anda memiliki kesempatan sukses yang besar. Cukup terapkan dengan konsisten dan gencar – gencar lah untuk mencari relasi sebanyak –banyaknya. 


 


 


 


 


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar