Belum banyak artikel yang membandingkan antara SEO vs SEM. Kebanyakan dari mereka
hanya membahas SEO saja atau SEM saja. Keduanya memang istilah yang mungkin
jarang didengar bagi orang kebanyakan. Namun, bagi para pelaku bisnis digital
marketing istilah ini seperti sudah tidak asing lagi.
Apa itu SEO?
Seo adalah singkatan Search
Engine Optimization, ini adalah sebuah teknik yang digunakan pelaku bisnis
di internet supaya ketika kedapatan orang mencari sebuah informasi yang
berkaitan dengan bisnis yang dibuatnya, bisnis tersebut bisa ditampilkan di halaman
pertama mesin pencarian dengan cara mengoptimalkan kata kunci yang dipakai pada sebuah konten.
Dalam SEO terdapat dua jenis komponen yaitu jenis On-page Optimization dan Off-page Optimization.
SEO On Page
Optimization adalah segala upaya pemaksimalan penggunaan website atau blog secara langsung. Sebagai contoh penggunakan keywords atau kata kunci pilihan yang
bisa dimasukan dalam meta tag dan
meta description, dan format URL yang baik dan benar, menggunakan
heading, mengoptimasi dengan gambar dan mengoptimasi loading situs.
Sedangkan dalam SEO Off
- Page Optimization, upaya pemaksimalan tersebut terjadi di luar website dengan cara melakukan promosi
diluar situs supaya mendapat reputasi yang baik di mesin pencari. SEO off-page meliputi pembuatan backlink dari website luar ke website
kita. Semakin banyak backlink dari website luar, traffic website kita akan semakin meningkat.
Apa itu SEM?
SEM adalah kependekan dari Search Engine Marketer. Tujuannya sama, yaitu mendapatkan reputasi
yang baik di mata google. SEM
dilakuhkan dengan cara melakuhkan promosi dengan mengoptimalisasi metode
periklanan dengan meningkatkan visibility.
Optimalisasi ini dilakuhkan secara langsung oleh google sehingga tidak perlu
menebak algorotma google seperti SEO
Untuk melakuhkan metode SEM, Anda perlu menyiapkan biaya
modal untuk pemasangan iklan. Bisanya terdapat sistem pembayaran per klik atau
lebih dikenal dengan istilah PCP (Pay Per
Click). Dengan begitu, iklan nantinya akan ditayangkan berupa banner atau iklan berbaris di halaman
mesin pencari.
Lalu, Mana yang Lebih Efektif dan Efisien untuk Marketer antara SEO VS SEM ?
Nah, kalau untuk hal ini, pertama kita bahas untuk masalah biaya, SEO bisa lebih menghemat karena optomalisasi SEO
bisa dipelajari sendiri dan jasa pelayanan SEO juga sudah banyak bertebaran di
Indonesia. Namun, SEO hanya menebak algoritma google, sedangkan SEM
algoritmanya sudah pasti. Namun, perlu membayar PPC, ketika budget habis, tidak pula seperti SEO
yang hanya sekali bayar untuk selamanya.
Dari segi waktu, SEM bisa lebih cepat dalam menaikkan traffic karena iklanmu akan tayang di
halaman dimana akan banyak orang yang melihat iklan tersebut dan mesin pencari
juga bisa mencari target audiens yang
tepat untuk target pasar Anda. Namun, mengingat layanan SEM ini akan terhenti
ketika budget habis maka ini hanya
akan bertahan dalam jangka pendek.
Sedangkan SEO perlu kesabaran untuk peningkatan traffic bisa jadi Anda melakuhkan
usahaya sekarang namun hasilnya baru terlihat 1 hingga 4 bulan kedepan. Namun,
ketika orang mengetahui kredibilitas yang Anda sajikan, pengoptimalan SEO akan
bertahan lebih lama. Tentu saja, kredibilitas ini tidak bisa dibangun dengan
alat semacam PPC (Pay Per Click).
Antara SEO vs SEM, sebenarnya tidak ada yang lebih
baik dan lebih buruk, keduanya bisa saling melengkapi dan efektif. Jika website
terdapat website baru saja diluncurkan menggunakan SEM untuk iklan pasti
efektif untuk meningkatkan traffic dan
menggunakan penerapan SEO dalam konten akan bisa dengan cepat membangun
kredibilitas Anda. Begitu kredibilitas sudah terbentuk pengunjung bisa datang
sendirinya.
0 comments:
Posting Komentar