image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

SEO VS SEM - Mana yang Lebih Penting? Mana yang Lebih Unggul dan Efektif?

Belum banyak artikel yang membandingkan antara SEO vs SEM. Kebanyakan dari mereka hanya membahas SEO saja atau SEM saja. Keduanya memang istilah yang mungkin jarang didengar bagi orang kebanyakan. Namun, bagi para pelaku bisnis digital marketing istilah ini seperti sudah tidak asing lagi.

Apa itu SEO?

Seo adalah singkatan Search Engine Optimization, ini adalah sebuah teknik yang digunakan pelaku bisnis di internet supaya ketika kedapatan orang mencari sebuah informasi yang berkaitan dengan bisnis yang dibuatnya, bisnis tersebut bisa ditampilkan di halaman pertama mesin pencarian dengan cara mengoptimalkan kata kunci yang dipakai pada sebuah konten.

Dalam SEO terdapat dua jenis komponen yaitu jenis On-page Optimization dan Off-page Optimization.

SEO On Page Optimization adalah segala upaya pemaksimalan penggunaan website atau blog secara langsung. Sebagai contoh penggunakan keywords atau kata kunci pilihan yang bisa dimasukan dalam meta tag dan meta description, dan format URL yang baik dan benar, menggunakan heading, mengoptimasi dengan gambar dan mengoptimasi loading situs.

Sedangkan dalam SEO Off - Page Optimization, upaya pemaksimalan tersebut terjadi di luar website dengan cara melakukan promosi diluar situs supaya mendapat reputasi yang baik di mesin pencari. SEO off-page meliputi pembuatan backlink dari website luar ke website kita. Semakin banyak backlink dari website luar, traffic website kita akan semakin meningkat.

Apa itu SEM?

SEM adalah kependekan dari Search Engine Marketer. Tujuannya sama, yaitu mendapatkan reputasi yang baik di mata google. SEM dilakuhkan dengan cara melakuhkan promosi dengan mengoptimalisasi metode periklanan dengan meningkatkan visibility. Optimalisasi ini dilakuhkan secara langsung oleh google sehingga tidak perlu menebak algorotma google seperti SEO

Untuk melakuhkan metode SEM, Anda perlu menyiapkan biaya modal untuk pemasangan iklan. Bisanya terdapat sistem pembayaran per klik atau lebih dikenal dengan istilah PCP (Pay Per Click). Dengan begitu, iklan nantinya akan ditayangkan berupa banner atau iklan berbaris di halaman mesin pencari.

Lalu, Mana yang Lebih Efektif dan Efisien untuk Marketer antara SEO VS SEM ?

Nah, kalau untuk hal ini, pertama kita bahas untuk masalah biaya, SEO bisa lebih menghemat karena optomalisasi SEO bisa dipelajari sendiri dan jasa pelayanan SEO juga sudah banyak bertebaran di Indonesia. Namun, SEO hanya menebak algoritma google, sedangkan SEM algoritmanya sudah pasti. Namun, perlu membayar PPC, ketika budget habis, tidak pula seperti SEO yang hanya sekali bayar untuk selamanya.

Dari segi waktu, SEM bisa lebih cepat dalam menaikkan traffic karena iklanmu akan tayang di halaman dimana akan banyak orang yang melihat iklan tersebut dan mesin pencari juga bisa mencari target audiens yang tepat untuk target pasar Anda. Namun, mengingat layanan SEM ini akan terhenti ketika budget habis maka ini hanya akan bertahan dalam jangka pendek. 

Sedangkan SEO perlu kesabaran untuk peningkatan traffic bisa jadi Anda melakuhkan usahaya sekarang namun hasilnya baru terlihat 1 hingga 4 bulan kedepan. Namun, ketika orang mengetahui kredibilitas yang Anda sajikan, pengoptimalan SEO akan bertahan lebih lama. Tentu saja, kredibilitas ini tidak bisa dibangun dengan alat semacam PPC (Pay Per Click).

Antara SEO vs SEM, sebenarnya tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk, keduanya bisa saling melengkapi dan efektif. Jika website terdapat website baru saja diluncurkan menggunakan SEM untuk iklan pasti efektif untuk meningkatkan traffic dan menggunakan penerapan SEO dalam konten akan bisa dengan cepat membangun kredibilitas Anda. Begitu kredibilitas sudah terbentuk pengunjung bisa datang sendirinya.

 


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar