image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

RAM ANDROID vs RAM IPHONE


Kedua buah jenis smartphone tersebut kini telah menguasai pasar di dunia gadget. Seperti yang telah kita ketahui,  jika dibandingkan melalui harganya, Iphone yang menggunakan sistem operasi iOS ini memang jauh lebih tinggi daripada Android. Namun, tentu antara Android dan Iphone, diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Bahkan spesifikasi yang ditawarkan oleh Iphone lebih rendah. Pada artikel kali ini kita akan membandingkan RAM Android vs RAM iPhone.

Hal yang kerap menjadi perhatian dalam spesifikasi Android dan Iphone adalah pada jumlah RAM yang dimilikinya. Ketika Android telah mengeluarkan berbagai produk smartphone dengan RAM 4GB, Iphone masih dengan satainya merilis smartphone dengan RAM 1 GB. Ketika Android telah mengeluarkan jenis smartphone dengan RAM yang sudah mencapai 12GB, Iphone masih menggubakan RAM 4GB. Jauh sekali bukan perbedaannya?

Namun, menurut berbagai macam percobaan yang telah dibuktikan. RAM Iphone yang jauh lebih kecil tersebut mampu mengungguli kecepatan dari sebuah Android. Mungkin diantara kalian berfikir, bahwa menguji RAM untuk kecepatan sebuah ponsel tidaklah masuk akal, karena RAM digunakan sebagai media multitasking dan hanya berfungsi untuk penyimpanan sementara pada aplikasi yang sedang berjalan.

Memang benar, ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan kinerja dari sebuah ponsel. Jika kalian menggunakan laptop RAM hanya berfungsi sebagai media multi – tasking. Namun, jika pada ponsel, RAM juga memiliki sedikit pengaruh, karena perbedaan teknologi yang diusungnya. Sama juga seperti Android dan Iphone, keduanya memiliki teknologi yang berbeda. Sehingga Iphone membutuhkan konsumsi RAM yang sedikit

Kenapa RAM IPHONE Lebih Kecil?

 

 

 

 

 

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.Jika dibandingkan kapasitasnya, RAM Android vs RAM Iphone, RAM Android memanglah lebih besar apabila dibandingkan dengan RAM Iphone. Bahkan, beberapa android mendapat julukan RAM Gajah karena saking besarnya. Jika dipikir – pikir lagi, harusnya Android memiliki performa lebih bagus karena spesifikasinya nya yang lebih tinggi.

Secara logika memang seperti itu. Namun, jika dihitung secara sistematis, keduanya malah tidak bisa dibandingkan spesifikasinya, karena menggunakan teknologi dengan skema yang jauh berbeda.

iOS pada iPhone masih bisa unggul dai android dikarenakan, semua sistem yang digunakan adalah merupakan satu kesatuan yang memang di produksi khusus oleh Apple. Jadi, semua komponen – komponen yang digunakan untuk iPhone memang telah di desain sedemikian rupa supaya tidak memakan banyak memori.

Hal tersebut juga yang selalu membuat harga iPhone menjadi selalu lebih mahal daripada Android. Semua gadget yang diproduksi oleh Apple, telah memproduksi semua komponen – komponennya sendiri. RAM pada iPhone juga telah di desain oleh pihak Apple supaya tidak memakan daya yang terlalu besar ketika di jalankan dan tidak memerlukan mesin penerjemah perintah virtual seperti pada android. Hal ini menyebabkan iPhone bisa berjalan dengan sempurna di perangkat itu sendiri, tidak seperti Android yang diambil alih oleh sistem operasi. Dan proses tersebutlah yang paling efektif untuk menekan kinerja RAM.

Kenapa RAM Android Lebih Besar?

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa iOS pada iPhone telah didesain oleh Apple, supaya lebih maksimal , termasuk pada kinerja RAM. Apple sendiri di desain tidak secara open source, berbeda dengan android yang menggunakan teknologi open source. Teknologi open source yang diusung oleh android ini, mengakibatkan android lebih leluasa dalam menginstal berbagai aplikasi. Berbeda dengan iPhone yang hanya bisa menginstall aplikasi – aplikasi tertentu.

Nah, untuk mensiasati hal tersebut, Android menggunakan teknologi berbasis java. Java adalah sebuah mesin penerjemah virtual yang digunakan pada android. Dengan java, berbagai aplikasi akan secara cepat di terjemahan kode – kode nya supaya bisa langsung di install pada android itu sendiri. Nah, mesin virtual pada Java ini membutuhkan konsumsi RAM yang memang cukup tinggi. Jadi, di sinilah alasannya, kenapa RAM yang dimiliki iPhone itu lebih kecil, karena iOS pada iPhone tidak menggunakan mesin penerjemah virtual.  Hal ini dikarenakan Apple memproduksi semuanya sendirian, termasuk pada aplikasi – aplikasi yang bisa di install pada iOS.

Nah, Sudah jelas kan sobat Trikwiki, mengenai perbandingan RAM Android vs RAM Iphone, kenapa RAM Android itu lebih besar sedangkan iPhone lebih kecil.

 

 


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar