image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

Jangan Takut Kehabisan Kuota | Beragam Trik yang Harus Kamu Coba Supaya Kuota Gak Jebol

Tidak bisa dipungkiri, kuota adalah kebutuhan pokok manusia di industry 4.0 ini. Seiring berkembangnya teknologi internet , mulai dari GPRS,2G,3G,4G, maka akan semakin besar pula kebutuhan kuota data internet, bahkan, sekarang sudah ada simcard yang mengusung teknologi 4.5G hingga 5G. Tidak heran apabila kuota internet yang dulunya 1GB bisa tahan selama satu minggu bahkan satu bulan, kini hanya bisa bertahan selama satu hari. Boros sekali bukan.


5 Cara Menghemat Kuota Data Seluler

Zaman sudah semakin canggih dan Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu lagi. Ada beberapa cara yang bisa membantumu untuk mengatasi borosnya pemakaian kuota data internet.

1. Manfaatkan Wi-Fi Sekitar

Memanfaatkan Wi-Fi sekitar  menjadi cara yang cukup ampuh untuk kamu yang ingin menghemat kuota internet. Dengan menggunakan Wi-Fi disekitar, berarti Mobile Data di smartphone kamu mati. Ini berarti, sebanyak-banyaknya data yang kamu gunakan untuk berselancar di internet tidak akan berpengaruh pada kuota internet kamu, karena ponselmu menggunakan server yang ada di Wi-Fi sepenuhnya. Namun perlu diingat , apabila Wi-Fi ini milik perorangan , pastikan ijin dulu ya!.

2. Menngaktifkan Data Saver

Apabila ponsel kamu memiliki fitur ini, jangan lupa untuk diaktifkan setiap saat. Data Saver berfungsi untuk menyimpan data penggunaan bandwidth internet di latar belakang. Maka dari itu, dengan mengaktifkan fitu Data Saver, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan berhenti untuk mengirim data yang mengakibatkan pemborosan kuotamu.

3. Mengubah Jaringan Sinyal Menjadi 3G (HSPA)

Seperti yang kita tahu, jaringan yang sedang meluas saat ini dan sangat disenanngi pengguna selular adalah 4G. Jaringan ini memiliki kecepatan internet yang bisa dibilang mumpuni. Namun, karena kecepatan yang mumpuni tersebut, akan berimbas pada pengeluaran kuota data yang lebih banyak. Apabila kamu menurunkan jaringan menjadi HSPA yang satu tingkat lebih rendah dari 4G, ini bisa menghemat kuota kalian. Jaringan HSPA pun sudah cukup mumpuni apabila kebutuhanmu hanya browsing dan chatting.


4. Mematikan Auto Update Aplikasi

Sering sekali ponsel yang kita pakai tiba-tiba mendownload software dari playstore secara otomatis untuk diperbarui tanpa pemberitahuan sebelumnya. Ini berarti kamu belum mematikan auto update di playstore. Segeralah matikan , dengan cara pergi ke menu settings lalu di bagian Auto-Update apps pilih Don’t auto update apps.


5. Batasi Penggunaan Aplikasi Yang Boros Kuota

Pasti ada beberapa aplikasi menarik di ponsel yang membuat lupa waktu hingga mengakibatkan borosnya kuota kalian. Aturlah data warning dan data limit di ponsel kalian, sehingga apabila kamu lupa, akan ada yang menginggatkan dan mobile data kamu akan mati secara otomatis apabila telah mencapai limit.


Itulah, beberapa cara yang kamu bisa diterapkan untuk menghemat kuota data. Sehingga kamu bisa menggunakan uangmu untuk kegiatan lainnya atau sekedar membeli barang yang lebih berguna. 


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar