image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

HDD) Hard Disk Drive vs SSD (Solid-state Drive) | Haruskah Upgrade Penyimpanan?

HDD (Hard Disk Drive)  dan SSD (Solid-state Drive)  Apa sih Bedanya?

Pada dasarnya, kedua barang ini adalah sama kegunaannya yaitu sama-sama untuk menyimpan data. HDD (Hard Disk Drive) adalah media penyimpanan yang bergerak , sedangkan SSD (Solid-state Drive) menyimpan data dalam chip memori sehingga dia statis. Baik HDD dan SSD menggunakan interface yang sama, sehingga mudah diganti satu sama lain. HDD adalah perangkat penyimpanan paling populer yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder di komputer pribadi dengan kecepatan dibawah SSD. SSD juga sering digunakan untuk mereka yang menuntut kerja cepat kepada perangkat komputernya.

Apa itu HDD (Hard Disk Drive) 

HDD adalah jenis media penyimpanan yang digunakan di komputer. Ini adalah perangkat paling populer yang digunakan untuk penyimpanan sekunder di komputer pribadi. Data dibaca / ditulis secara magnetis oleh kepala HDD. HDD diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956. Awalnya, hard disk memiliki kapasitas yang sangat kecil dan harga yang sangat tinggi, tetapi seiring berjalannya waktu, biaya telah turun secara dramatis, sementara kapasitasnya menjadi sangat besar. SATA (serial ATA) sand SAS (SCSI terpasang serial) adalah dua jenis HDD berkecepatan tinggi yang digunakan oleh HDD saat ini.

Apa itu SSD (Solid-state Drive)  

Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen internal yang bergerak, proses pengolahan data di SSD cenderung lebih cepat daripada HDD, karena SSD menggunakan chip memory. Jika kita menggunakan SSD sebgai media penyimpanan sekunder di perangkat computer kita , proses demi proses yang membutuhkan peran penyimpanan data ini menjadi lebih cepat daripada menggunakan HDD,sebagai contoh untuk proses booting, SSD biasanya hanya perlu sekitar 10 detik dan HDD perlu sekitar 30 detik. Ini terjadi karena SSD mengakses memori langsung dari memori chip tersebut, sedangkan HDD harus memutar disk untuk mengakses data.

Mana yang Terbaik?

Sampai sekarang , SSD masih lebih mahal dibandingkan HDD namun harga SSD sudah mulai turun sedikit demi sedikit di tahun ini. Ukuran SSD terkecil yang berada di pasaran sekarang adalah 128Gb yang mana harganya sudah hampir menyamai HDD 500Gb. SSD memang tidak bisa dianggap remeh, begitu banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. Bahkan, mereka yang sudah pernah mencoba SSD biasanya enggan untuk menggunakan HDD kembali. Transfer data di SSD begitu cepat, selain itu SSD juga tidak bising, karena media penyimpanan ini statis, dan lebih ringan.

Jadi untuk anda yang ingin mengganti media penyimpana computer anda dengan SSD pastikan mempunyai tempat memory cadangan seperti HDD eksternal maupun internal untuk menyimpan data-data anda yang tidak memungkinkan untuk di simpan di SSD. Apalagi apabila data-data tersebut berukura besar. Cukup gunakan SSD sebagai media penyimpanan system dan  beberapa aplikasi untuk membuat computer lebih produktif. Teruntuk mana pilihan terbaik HDD atau SSD ini tergantung kebutuhan kalian masing-masing dan tentunya budget yang anda miliki.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar