image1 image2

HELLO I'M FAISAL AR ROSYID| WELCOME TO MY PORTOFOLIO|I'M FREELANCE CONTENT WRITER|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS | LET'S GET IN TOUCH ME | SO WE CAN GET STARTED RIGHT AWAY

Inspirasi Menu Jualan Makanan Saat Puasa yang Banyak Diburu Warga

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang telah diturunkan oleh Allah SWT. Bulan yang tepat untuk kita beribadah sekaligus mencari rejeki. Berjualan makanan saat puasa dengan menu yang variatif bisa menjadi salah satu ladang pendapatan bisnis yang menjanjikan.

Saat kita berpuasa, tubuh kita akan kekurangan asupan zat gizi yang cukup. Kita hanya diperbolehkan makan ketika sahur dan berbuka. Maka dari itu, jika kita akan berjualan, menu makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka puasa harus mencukupi kebutuhan gizi harian kita.

Puasa di bulan ramadhan adalah hari yang selalu ditunggu – tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Masyarakat dengan segala kesibukan dan kelelahannya ketika berpuasa cenderung malas untuk memasak makanan untuk hidangkan. Terlebih saat menuju waktu berbuka, orang – orang biasanya akan ramai mencari penjual takjil sebagai menu berbuka puasa.

10 Menu Makanan Untuk Jualan Puasa

Berikut adalah beberapa menu makanan yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk berjualan disaat puasa bulan ramadan atau bisa Anda masak sendiri secara special dirumah untuk berbuka puasa maupun sahur.

1.      Kolak pisang

Kolak pisang adalah menu masakan yang khas dan paling banyak diserbu oleh warga Indonesia sebagai hidangan berbuka puasa. Sehingga memiliki peluang yang cukup menjanjikan jika Anda berjualan kolak pisang. Bahan - bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan pisang juga cukup sederhana, hanya buah pisang, air, gula,daun pandan, perisa vanili dan sub kara.

2.      Rendang

Makanan berbahan dasar daging yang rasanya pedas ini sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Bumbunya juga cukup sederhana yaitu jintan, merica, ketumbar, kapulga dan rempah-rempah lainya. Rendang juga telah diakui sebagai masakan terenak secara internasional. Maka dari itu, ini adalah kesempatanmu untuk berjualan, siapa tahu rumah makan sederhana Anda dikenal oleh masyarakat internasional karena rendangnya yang lezat.

3.      Ayam Panggang

Ayam juga merupakan masakan favorit masyarakat Indonesia yang sering diburu ketika puasa. Kandungan protein dan nutrisi yang terkandung didalamnya biasanya juga menjadi alasan seseorang untuk makan ayam. Terlebih lagi ayam panggang, tempat jualan tersebut hampir tak pernah sepi dari pelanggan. Menu ini cocok dihidangkan untuk sahur maupun berbuka puasa

4.      Sempol Ayam

Masih dengan masakan berbahan dasar ayam. Sempol ayam juga cocok untuk menu makan ketika berbuka puasa. Dapat dijadikan lauk untuk makan besar maupun cemilan. Pembuatan sempol ayam cukup praktis untuk dimakan sendiri maupun dijual. Hanya dengan mencampukan ayam, tepung tapioka, telur, dan berbagai bumbu, kemudian direbus, lalu digoreng.

5.      Ikan Bakar

Ikan terkenal sebagai menu makan yang mengunung banyak protein. Mengingat hari ini adalah hari - hari terakhir bulan puasa, biasanya seseorang akan malas untuk bangun sahur dan menyiapkan makanan. Sehingga menu masakan ini sangat direkomndasikan untuk berbuka dan saur karena penyajiannya yang singkat. Jika Anda berencana berjualan ikan bakar untuk sahur, kemungkinan untuk laris akan menjadi lebih besar. Apalagi jika Anda tinggal dilingkungan orang - orang yang konsumerismenya tinggi.

6.      Tumis Buncis Tempe

Makanan ini sangat cocok untuk orang - orang yang tidak menyuakai daging. Buncis dan Tempe, selain murah makanan ini juga bergizi dan tentunya lezat. Anda tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk menyajikan menu makanan ini ketika memasuki waktu sahur ataupun berbuka. Dengan menggunakan bahan - bahan yang murah dan mudah didapat ini, Anda bisa menjualnya dengan harga yang murah pula, tetapi tetap untung. Seperti yang kita tahu, warga +62 menyukai yang murah – murah.

7.      Tumis Brokoli

Brokoli juga merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak gizi dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Bahkan sayuran ini dikenal dapat mencegah kanker, tetapi tetap dijual dengan harga yang murah. Cara yang bisa diterapkan untuk mengeola brokoli adalah dengan menumisnya. Hidangan ini cocok disajikan ketika sahur dengan kandungan  vitamin dann gizinya yang banyak dapat membuat tubuh orang yang berpuasa kuat berakktifitas seharian. Anda juga bisa menambahkan daging sapi apabila menginginkan sensi rasa yang lebih luar biasa.

8.      Sayur Tahu Kecambah

Menu makanan yang murah meriah ini patut dicoba apabila jika Anda sedang membutuhkan inspirasi makanan yang simple untuk dijuak saat puasa ramadhan. Bahanya sangat mudah didapat. Anda hanya perlu menyediakan tahu dan kecambah yang dipotong dadu. Lalu menumis bumbu – bumbu sebelum memasukan tahu kecambah tersebut dan merebusnya hingga mendidih

9.      Nasi Goreng

Tidak asing lagi, sebuah semboyan yang kerap diucapkan oleh orang Indonesia yaitu belum dianggap makan apabila belum makan nasi. Nasi goreng adalah masakan sederhana yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, nasi goreng juga mudah didapatkan di sekitar pemukiman masyarakat. Hidangan ini sangat praktis untuk sahur. Jika di sekitar pemukiman Anda belum ada yang berjualan Nasi Goreng, Anda bisa mencobanya.

10.  Nastar

Tidak terasa, kita sudah memasuki hari - hari terakhir puasa dibulan ramadhan. Berjualan kue nastar bisa menjadi peluang bisnis alternatif yang menjanjikan. Menu ini biasanya dihidangkan di rumah - rumah warga untuk menjamu tamu yang datang bersilaturahmi. Meskipun kini Indonesia sedang dilanda pandemi COVID 19, tidak ada salahnya jjika berjualan kue ini. Pembeli bisa menikmati kue ini di rumah bersama keluarga atau di bagi - bagikan kepada tetangga terdekat maupun saudara.

 

Itulah 10 menu makanan yang bisa dijual diwaktu puasa ramadhan. Sepuluh inspirasi diatas bisa Anda terapkan dan cobalah tawarkan kepada tetangga atau kerabat terdekat.


Untuk mendukung aktivitas menghidangkan makanan tersebut, telah hadir sebuah teknologi smartcooking dari Vienta.

 

 

 

 

 

 

 


Vienta adalah sebuah brand yang produknya fokus membuat Home Appliances. HomeAppliances adalah alat – alat memasak yang berkualitas dan memiliki teknologi canggih. New Smart Cooker bukan hanya bisa menanak nasi, tetapi bisa memasak apapun yang Anda inginkan, termasuk 10 menu jualan puasa diatas.

Vienta dilengkapi dengan 12 fungsi lain  selain menanak nasi dalam satu alat. Dengan begitu, hanya dengan satu sentuhan Anda bisa menciptakan makanan yang beragam,

 

Berikut Fitur Keunggulan Vienta :

 

1.      LED Touch Button memudahkan dalam mengoperasikan dan memilih fungsi yang di inginkan

2.      Innerpot Handle memudahkan dalam mengangkat dan menghindari tangan bunda panas langsung dari Innerpot

3.       Sistem Pemanas Pintar 3 Dimensi memasak makanan lebih matang merata.

4.      Multifunction 12 in1 dengan 1 alat masak, dapat menggantikan 12 alat masak lain.

5.      Menghasilkan masakan lebih banyak dari alat masak lain.

6.      Instant Cook Button memasak Nasi Goreng, Nasi Hainan, dan Nasi Liwet dengan sekali sentuh

 

Alat ini bisa dibeli di Tigaraksa. Tigaraksa juga akan memberi E-Recipe yang isinya merupakan 38 resep masakan yang bisa dimasak dirumah, mulai dari dessert hingga main course.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar